27.5 C
Mataram
Jumat, 14 Juni 2024
BerandaMataramDinas Kesehatan Siagakan 42 Personil Berikan Pelayanan Selama Lebaran Topat

Dinas Kesehatan Siagakan 42 Personil Berikan Pelayanan Selama Lebaran Topat

Mataram (Inside Lombok) – Dinas Kesehatan Kota Mataram menyiagakan 42 petugas kesehatan pada Lebaran Topat. Puluhan petugas kesehatan ini nantinya tersebar di setiap posko untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, Emirald Isfihan mengatakan puluhan petugas kesehatan yang terlibat dari 11 puskesmas yang ada di Kota Mataram. Nanti akan disiapkan beserta dengan mobil ambulans. “Masing-masing puskesmas itu ada 3 dan ditambah dengan yang punya wilayah itu jadi ada 42 orang petugas,” katanya.

Keterlibatan petugas kesehatan ini melihat tingkat kunjungan pada saat Lebaran Topat meningkat signifikan. Tidak saja ke destinasi wisata pantai yang ada di Kota Mataram melainkan juga destinasi wisata religi.

Di Kota Mataram ada dua makam yang menjadi pusat kegiatan perayaan Lebaran Topat yaitu Makam Bintaro dan Makam Loang Baloq. Di dua lokasi ini biasanya menjadi tujuan masyarakat sebelum ke destinasi wisata pantai.

- Advertisement -

“Nanti akan standby di posko kesehatan. Jadi kalau ada keluhan dari pengunjung bisa langsung mendatangi posko yang sudah kita siapkan,” ujar Emirald.

Petugas kesehatan yang disiapkan lanjut Emirald tidak keliling memantau. Hal ini untuk mengefektifkan waktu dan tidak menimbulkan kemacetan. Pasalnya, perayaan Lebaran Topat biasanya arus lalu lintas cukup padat di Kota Mataram khususnya jalur-jalur destinasi wisata.

“Kita tidak mobile ini sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi kemacetan. Jadi kalau ada keluhan masyarakat yang datang ke posko. Ini juga hasil dari rapat koordinasi di Polres Mataram arahannya seperti itu ,” tegasnya.

Pelayanan kesehatan yang akan diberikan hanya sehari saja. Hal ini menyesuaikan dengan perayaan Lebaran Topat yang digelar oleh pemerintah kota (pemkot) Mataram. “Sehari saja nanti full day. Kita menyesuaikan,” ucapnya.

Posko kesehatan yang disiapkan lanjutnya tidak saja di Loang Baloq dan Bintaro melainkan di sejumlah lokasi lainnya. “Nanti 42 personil itu tersebar di banyak lokasi jadi bukan hanya di lokasi perayaan Lebaran Topat,” tutupnya. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer