Pertama di Indonesia, Pekan Kreasi dan Olahraga Disabilitas Dilakukan di NTB

Pembukaan acara Pekan Kreasi dan Olahraga, di GOR Mataram, Jumat (16/11/2018). (Sumber: Humas NTB)

Mataram (Inside Lombok) – Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dinobatkan sebagai daerah pertama di Indonesia yang menyelenggarakan pekan kreasi dan olahraga bagi para disabilitas.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Hubungan Internasional Poralympic Committe, Raharjo, yang memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah Provinsi NTB karena telah mengadakan kegiatan positif ini.

“Ini satu-satunya dan pertama kali diadakan di Indonesia, saya berharap akan rutin dilaksanakan setiap tahun dan akan disosialisasikan ke seluruh Provinsi di Indonesia,” ujar Raharjo, Jumat (16/11/2018).

Wakil Gubernur Provinsi NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, turut hadir membuka acara Pekan Kreasi dan Olah Raga Difabel Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2018 yang betempat di Gelanggang Olah Raga Mataram, Jumat pagi (16/11/2018).

Rohmi mengungkapkan dalam sambutannya bahwa keterbatasan bukanlah sebuah halangan untuk semangat meraih prestasi dan jangan pernah berputus asa tuk mencapainya kepada para peserta dari seluruh Kabupaten Kota di NTB.

“Semangat untuk anak-anakku yang akan bertanding mudah-mudahan anak-anakku meraih prestasi, saya cinta kalian semua,” ungkapnya.

Kegiatan yang menggabungkan aspek kreativitas dan olahraga ini diharapkan mampu membangun kepekaan dan rasa cinta para disabilitas terhadap olahraga.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB, Ir. Husnanidiaty Nurdin, mengucapkan rasa terima kasih serta memberikan penghargaan kepada pemerintah yang mendukung program terbaru ini. Ia juga berharap 100 perserta yang berpatisipasi dalam kegiatan ini mampu melahirkan atlet yang kelak bisa berkompetisi mewakili NTB di pekan olahraga tingkat Nasional pada masa mendatang. (IL4)