Pemprov Akan Kirim Tenaga Kesehatan untuk Belajar di Korea Selatan

Gubernur NTB bersama President Chadong University Menandatangani Letter of Intent di bidang kesehatan dan pendidikan, Selasa (29/01/2019) (Inside Lombok/Istimewa)

Mataram (Inside Lombok ) – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. Zulkieflimansyah, dan Presiden Chadong University Korea Selatan, Prof. Park Jong Koo, menandatangani Letter of Intent (LOI) antara Pemprov NTB dengan Chadong University pada Selasa (29/01/2019).

LOI ini menjadi penanda kerjasama di bidang kesehatan dan pendidikan antara kedua belah pihak. Dimana kedepannya Pemprov NTB akan mengirim putra-putri terbaik NTB ke Chadong University untuk berkuliah di bidang kesehatan.

“Saya harap adik-adik yang berangkat nanti bukanlah diniatkan untuk liburan, tapi untuk memanage ekspektasi seluruh warga NTB. Meretas jalan baru bagi kerja sama di bidang lain. Menjadi pasukan khusus yang kami harapkan dapat menyelesaikan masalah, berkontribusi dalam pemikiran untuk NTB dan Indonesia yg kita cintai,” ujar Zulkieflimansyah saat dimintai pendapatnya pada Selasa (29/01/2019).

Senada dengan itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi, menerangkan bahwa Pemprov NTB telah selesai melakukan rekrutmen untuk memberangkatkan tenaga kesehatan, khususnya Perawat yang masih dalam tingkatan pendidikan D3, untuk menyelesaikan program S1 di Chodang University Korea Selatan.

“Kami telah melakukan test dan rekrutmen. Alhamdulillah terpilih 39 orang yang mewakili 9 kabupaten/kota di NTB. Hanya KSB yang tidak terwakilkan. Insyaallah kedepannya bisa terwakili,” ujar Eka.

Test yang sudah dilaksanakan tersebut melihat prestasi dari sisi akademik dan bagaimana hasil psikotest mereka. Hal tersebut guna memenuhi harapan bahwa angkatan pertama tersebut merupakan perwakilan masyarakat NTB yang memiliki keseriusan untuk memenuhi ekspektasi masyarakat NTB.

“Kami berharap adik-adik kita yang hadir pada hari ini adalah duta korea pertama, khususnya di Chodang University di bidang kesehatan. Semoga kegiatan yang diawali dengan niat yg baik ini berjalan lancar dan apa yang dicita-citakan dapat tercapai” ujar Eka menambahkan.

Penandatanganan yang dilakukan di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur tersebut turut disaksikan oleh rombongan dari Chadong University, perwakilan Universitas Mataram, para Asisten Gubernur, Staf Ahli, dan kepala OPD Provinsi NTB serta hadirin lain yang hadir dalam kegiatan tersebut.

“Saya selalu mengatakan, perjalanan panjang tidak mungkin kita lalui jika tidak diawali dengan langkah pertama. 39 Putra-Putri ini adalah orang-orang terbaik. Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,” pungkas Zulkieflimansyah.