25.5 C
Mataram
Sabtu, 13 April 2024
BerandaRagamPedagang Kelapa Muda Dulang Berkah di Bulan Ramadan

Pedagang Kelapa Muda Dulang Berkah di Bulan Ramadan

Lombok Timur (Inside Lombok) – Ramadan banyak membawa keberkahan bagi masyarakat, seperti halnya para pedagang es kelapa musiman yang hanya muncul di momen ini. Permintaan masyarakat yang meningkat untuk kebutuhan dan minuman segar menarik minat banyak orang untuk membuka usaha dadakan.

Salah seorang pembeli di pasar Masbagik Lama, Yusron mengatakan minuman kelapa muda sangat cocok dinikmati pada saat berbuka puasa, dikarenakan minuman tersebut tidak banyak campuran dan rasanya murni dari alam. “Saya lebih memilih kelapa muda ketimbang menu es lainnya, soalnya tidak ada pemanis buatannya dan sangat baik untuk kesehatan,” terangnya, Jumat (22/03/2024).

Seorang pedagang es kelapa, Hamdi mengakui kelapa muda banyak dicari masyarakat untuk menu minuman berbuka puasa, sehingga hal itu dimanfaatkannya untuk membuka usaha musiman dengan menjual buah kelapa muda tanpa ada racikan apapun. “Kita tidak jual dalam bentuk es, melainkan langsung jual buah kelapa mudanya,” katanya.

Harga kelapa muda sendiri dibanderol berkisar antara Rp7-8 ribu per buah, harga yang ditawarkan tergantung dari besar kecilnya dan jenis dari buah itu sendiri. “Biasanya kita jual Rp15 ribu dua buah untuk yang besar dan Rp5 ribu untuk satu buah yang kecil,” ungkapnya.

- Advertisement -

Para pelanggan dapat memilih isian jenis buah kelapa muda yang diinginkan, baik itu isian kelapa yang sangat muda sampai ke isian yang lebih tua. Itu tergantung dari permintaan pelanggan dan dipilihkan langsung oleh pedagang.

“Kita pilihkan apa yang diminta pembeli, kalau untuk mencampur minuman kita kasih yang lebih muda,” terangnya. Dalam sehari Hamdi dapat merogoh keuntungan hingga Rp500 – 700 ribu.

Ia sendiri mulai menjajakan buah kelapa muda dari pukul 02.00 Wita hingga adzan Maghrib. Terlebih pada waktu sore hari banyak masyarakat yang berburu takjil untuk menu buka puasa. (den)

- Advertisement -

Berita Populer