Dapat CSR Rp100 Juta, GMS dan Jalur Bypass BIL Akan Dihiasi Sakura

1037
Kondisi bundaran GMS, Gerung. Jum'at (14/01/2022). (Inside Lombok/Yudina Nujumul Qur'ani).

Lombok Barat (Inside Lombok) – Jelang perhelatan MotoGP pada Maret mendatang, Bundaran Giri Menang Square (GMS) dan jalur bypass BIL akan dipercantik dengan bunga Sakura. Jalur sepanjang 7 kilometer tersebut juga akan dipasangi lampu penerang.

Hal itu diungkapkan Kadis Perkim Lobar, H. Lalu Winengan. Di mana penataan dilakukan setelah mendapat CSR (corporate social responsibility) sebesar Rp100 juta dari Bank NTB.

“Kami dapat CSR dari bank NTB untuk menata bundaran itu sekitar Rp100 juta, itu atas dukungan dari Pak Gubernur,” ungkap Winengan saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (14/01/2022).

Diterangkan, penataan itu hanya untuk sementara, guna menyambut para penonton MotoGP yang akan melintasi kawasan tersebut. Sementara penataan monumen GMS secara permanen masih menunggu ketok anggaran.

“Kita akan menaruh pot-pot di seputaran bundaran itu. Ada bunga jasmine, sakura dan yang lainnya,” beber dia. Begitu pun dengan pinggir jalan di sepanjang jalur bypass BIL akan dihiasi bunga dan pepohonan.

Namun, Winengan menegaskan pihaknya tidak akan menanam ketapang kencana guna menghindari kerusakan jalan akibat akar pohon yang semakin besar nanti. “Supaya dipahami, ketapang kencana ketika kecil itu indah. Tapi ketika besar akarnya akan naik ke atas, itu sangat berbahaya dan merusak,” jelasnya.

Selain itu, Lobar pun disebutnya mendapat hibah sekitar 500 bola lampu dari kementerian untuk dipasang dijalur bypass BIL I hingga II. Termasuk bantuan penerangan yang didapatkan dari Dishub provinsi, yang akan disisipkan di beberapa titik untuk menambah penerangan di Lombok Barat.

“Itu rencana (bantuan dari Dishub) kalau tidak salah sekitar 40, tapi kita minta 75,” bebernya. Winengan berpesan agar masyarakat turut membantu menjaga bunga-bunga yang nantinya akan ditata di sana.

“Untuk menjaga ini kita mengimbau masyarakat kita, bahkan kita berharap masyarakat membawa bunga untuk ditanam di bypass, jangan dipaling (dicuri, Red),” pungkasnya. (yud)