Waspada Gelombang Tinggi, Ini Perkiraan Cuaca di NTB

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan daftar perkiraan cuaca untuk seluruh Kabupaten/Kota Provinsi NTB yang berlaku mulai pada Sabtu (24/11/2018) pukul 08.00 WITA hingga Minggu (25/11/2018) pukul 08.00 WITA.

Prakirawan BMKG Provinsi NTB, I Gusti Agung Angga DS dalam siara persnya memperkirakan rentang suhu untuk wilayah Mataram, Gerung, Tanjung, Praya dan Selong yaitu berkisar 22-32 derajat celcius. Sedangkan wilayah Taliwang 23-33 derajat celcius, Sumbawa Besar 24-33 derajat celcius, serta Dompu, Sape, dan Kota Bima 24-34 derajat celcius.

Sementara itu, untuk perkiran kecepatan angin di seluruh wilayah NTB rata-rata sebesar 30 kilometer per jam. Rentang kelembapan sekitar 55-95 persen untuk seluruh wilayah NTB.

Pada pagi hari cuaca berawan di wilayah Kota Mataram, Tanjung, Gerung, Selong, dan Taliwang. Sedangkan cuaca cerah berawan untuk wilayah Sumbawa Besar, Dompu, Sape, dan Kota Bima. Namun khusus wilayah Praya akan mengalami hujan lokal.

Wilayah Mataram, Tanjung, dan Gerung akan mengalami hujan petir di siang hari. Namun, siang hari di wilayah Praya, Selong, Taliwang, dan Sumbawa Besar berpotensi hujan sedang. Untuk wilayah Dompu dan Kota Bima hanya hujan lokal sedangkan wilayah Sape cuaca berawan.

Potensi hujan lokal diperkirakan akan terjadi hanya di wilayah Mataram dan Tanjung di malam hari. Akan tetapi wilayah Gerung, Praya, Selong, Taliwang, Sumbawa Besar, Dompu, Sape, dan Kota Bima diprediksi cuaca berawan pada malam hari.

“Waspadai potensi hujan sedang hingga hujan lebat yang disertai dengan petir atau guntur di Wilayah Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok.Tengah, Sumbawa Besar, dan Bima pada siang hingga malam hari,” keterangan Agung secara tertulis, Jumat (23/11/2018).

Sedangkan pada dini hari, ia memperkirakan seluruh wilayah di Provinsi NTB akan mendapati cuaca cerah berawan. Selain itu, adanya kemungkinan gelombang tinggi di sejumlah perairan wilayah Provinsi NTB.

“Waspadai tinggi gelombang yang mencapai hingga lebih dari 2 meter di Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, Perairan Selatan Sumbawa, dan Samudera Hindia Selatan NTB,” jelasnya. (IL4)