Rute Penerbangan Langsung Australia-Lombok Dimulai Tahun Depan

294
Gubernur Provinsi NTB, Zulfieflimansyah, Jumat (23/11/2018). (Inside Lombok/IL4)

Mataram (Inside Lombok) – Setelah Air Asia membuka penerbangan langsung dari Perth, Australia Barat menuju Lombok, maka dapat dipastikan penerbangan mulai beroperasi bulan Februari 2019 mendatang.

Gubernur NTB, dr. Zulkieflimansyah, menerangkan bahwa yang saat ini dilakukan adalah pengenalan rute ini.

“Jika bulan Februari mulai penerbangan, sosialisasi dan promosi mulai dilakukan sekarang,” ujarnya, Jumat (23/11/2018).

Pesawat tersebut akan menerbangkan sekitar 180 penumpang. Pihak maskapai penerbangan tersebut memiliki jaminan block seat selama 6 bulan.

Block seat tersebut merupakan tanggungan dari pemerintah pusat oleh Menteri Pariwisata sebagai subsidi sehingga tidak mengalami kerugian.

“Mereka punya dana untuk rute-rute baru dan pemerintah pusat juga ingin mendudukan NTB ini terutama Lombok sebagai wisata unggulan untuk Indonesia,” lanjut Zul.

Menurut pandangannya akan hal tersebut, proyek ini tidak hanya sekedar menjadi proyek lokal urusan pemda, tetapi ini juga menjadi pekerjaan bagi pemerintah pusat.

Ia juga memperkirakan untuk bulan November ini masih low season namun tetap berharap pada bulan Desember ada peak season.

“Sekarang frekuensi Garuda, Lion Air dan lainnya memang sedang perawatan pesawat untuk mengatisipasi banyaknya jumlah penumpang di bulan Desember nanti,” pungkasnya. (IL4)